Minggu, 01 Juli 2018

Panduan Cara Menanam Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga

Penghias Taman - Bunga anggrek adalah suatu tanaman hias yang sangat bagus dan indah. Tanaman ini sudah dikenal lama, kurang lebih sejak 200 tahun yang lalu. Banyak orang yang ingin tau bagaimana cara menanam bunga anggrek supaya cepat berbunga ? disini saya akan memberikan tips dan panduannya untuk anda semua.

Banyak sekali jenis - jenis anggrek yang sangat populer seperti Ephytis salah satu jenis anggrek yang menumpang pada batang pohon. Banyak sekali media yang bisa kita gunakan untuk cara menanam anggrek ini seperti menggunakan sabut kelapa, didalam pot maupun di tanah.

Sebenarnya untuk media tanam yang bagus adalah kita menggunakan media tanah, karena ini adalah cara yang paling alami. Tetapi, perlu kita ketahui juga bahwa ada banyak sekali jenis anggrek yang tumbuh subur di pohon dan tidak cocok di tanah, jadi ketahui terlebih dahulu jenisnya.

Jenis - Jenis Bunga Anggrek


  • Anggrek Ephytis salah satu jenis bunga yang menumpang pada sebuah batang pohon lain. Alat yang berfungsi untuk pertumbuhan yang menempel adalah akar dan pada akar tersebut berfungsi untuk mencari makan dan minuman.
  • Anggrek Hitam yang terdapat banyak pada daerah Kalimantan dan Sumatera.Nama anggrek hitam diberikan karena jenis ini memiliki labellum atau lidah berwarna hitam yang sedikit berbulu.
  • Anggrek Cattleya yang berasal dari Kosta Rika akan tetapi di Indonesia juga banyak ditemukan jenis yang satu ini. 
  • Dan masih banyak lagi
Nah sebenarnya ada banyak sekali jenis tanaman anggrek di dunia ini, tetapi disini saya akan membahas mengenai Cara Menanam Anggrek supaya cepat berbunga dan subur. Untuk media apa yang digunakan, saya juga akan membahas semuanya mulai dari media pot, sabut kelapa dan di tanah, berikut ini.

Cara Menanam Bunga Anggrek Menggunakan Pot


cara menanam bunga anggrek menggunakan pot

Salah satu media tanam yang sangat praktis adalah menggunakan pot atau sebuah wadah dimana tanaman tersebut bisa di pindahkan ke tempat lain tanpa repot. Bercocok tanam menggunakan pot ini sudah dikenal sejak lama dan banyak sekali yang menggunakan media tersebut. Nah disini kita akan membahas mengenai seperti apa dan bagaimana cara menanam anggrek di pot tersebut, ada pun bahan dan alat yang diperlukan yaitu sebagai berikut ini.

1. Sebuah pot untuk media tanam

Anda bisa menggunakan sebuah pot dengan bahan apapun seperti, semen, plastik maupun tanah. Yang paling penting adalah anda harus menggunakan pot yang baru tidak bekas tanaman lainnya, jika bekas maka anda bisa membersihkannya terlebih dahulu dari sisa-sisa kotoran yang ada.

2. Kawat penyangga

Untuk mulai menanam anggrek di pot maka anda harus menyediakan sebuah kawat dengan diameter 2-4 mm untuk penyangganya. Mengapa memilih kawat? hal ini dikarenakan kawat lebih tahan lama dibandingkan dengan kayu maupun bambu yang jika sudah lapuk akan mudah patah. Pada kawat ini sangat berguna untuk menjaga posisi tanaman anggrek supaya tetap berdiri, tidak goyang saat dalam pemberian pupun dan penyiraman.

Lihat Juga : Tanaman Pengusir Nyamuk Alami

Cara Menanam Anggrek di Pot

  1. Letakkan kawat hingga ke bagian dasar pot.
  2. Letakkan media batu, arang kayu, atau sabut kelapa ke dalam pot.
  3. Masukkan bibit anggrek. Atur agar akar anggrek menyebar rata.
  4. Ikat batang bibit pada kawat.
  5. Masukkan lagi media tanam untuk menutupi akar tapi jangan sampai menutupi batang anggrek.
  6. Khusus untuk pot plastik, bagian paling bawah pot diisi pecahan genting atau batu bata secukupnya, maksimal sepertiga dari tinggi pot. Itu untuk membuat pot berat dan juga berfungsi sebagai penyaring.

Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa



Pernahkah anda waktu sekolah belajar mengenai cara bercocok tanam menggunakan sabut kelapa? Jika pernah coba ingat-ingat lagi. Uniknya jika kita menanam anggrek menggunakan sabut kelapa ini adalah kita bisa menempelkannya pada pohon di halaman rumah atau bisa juga di taruh di dalam pot. Memang tanaman hias yang satu ini akan sangat cocok sekali jika kita tempelkan pada pohon, sama seperti habitat aslinya. Nah untuk dapat memulainya maka anda harus mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.

1. Siapkan sabut kelapa

Siapkanlah terlebih dahulu sabut kelapa yang hendak akan digunakan, jika anda memilih untuk menanamnya pada pot maka harus memotong / mengambil serat pada sabut tersebut. Tetapi jika anda ingin menempelkannya pada pohon maka tidak perlu melakukan hal tersebut.

2. Merendam Sabut Kelapa

Setelah menyiapkannya, maka selanjutnya anda harus merendam terlebih dahulu sabut kelapa yang hendak akan digunakan. Untuk proses perendaman ini kita harus melakukannya 2 tahapan yaitu merendam dengan air biasa dan yang kedua kita harus merendam menggunakan larutan fungisida.

Sabut kelapa tersebut direndam dalam air selama 6 jam dan sabut kelapa yang baru saja selesai di rendam maka selanjutnya di pukul menggunakan kayu atau benda lainnya. Hal ini bertujuan supaya pada bagian serat menjadi terbuka.

3. Tiriskan / Keringkan Sabut Kelapa

Setelah itu anda harus mengeringkan sabut kelapa yang baru saja selesai di rendam hingga benar-benar kering dan tidak ada air. Sabut kelapa yang baru saja di rendam menggunakan air dan larutan fungisida tidak bisa langsung digunakan dengan tanaman anggrek sebelum benar-benar kering.

Cara Menanam Anggrek di Tanah



1. Menyiapkan lubang tanam

Buat lubang pada tanah sedalam 10 cm dan lebarnya 30 cm, sementara itu untuk ukuran panjangnya disesuaikan dengan lahan. Oya, jangan lupa untuk membuat jalan di antara lajur lubang tanam tersebut. Ini agar mudah saat memberikan perlakuan pada anggrek.

2. Memasang Ajir

Ajir adalah tonggak yang menopang anggrek. Biasanya ajir terbuat dari bambu yang dipotong-potong. Ukuran ajir sekitar 2,5 meter. Tanam ajir sedalam 50 cm ke dalam tanah. Tiap lubang diberi 2 baris ajir.

Lihat Juga : Tanaman Hias Gantung Tahan Panas

Di samping untuk menopang batang anggrek, dengan menggunakan ajir akan memudahkan saat melakukan perawatan seperti pemberian pupuk atau penyiraman, dan memungkinkan tanaman anggrek menerima sinar matahari sehingga proses fotosintesis bisa berjalan secara sempurna. Tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh pada pembentukan bunga pada anggrek.
 
Tidak setiap tanaman diberi ajir. Cukup apitkan ajir pada beberapa anggrek yang dikelompokkan dalam lajur lubang. Tinggi ajir yang mengapit anggrek tergantung pada tinggi tanaman. Jika batang anggrek telah cukup tinggi, bambu pengapit bisa dibuat jajar dua.

3. Menanam bunga anggrek

Bibit anggrek yang digunakan harus memiliki panjang minimal 30 cm. Sebaiknya bibit itu berasal dari stek anggrek yang cukup tinggi yaitu sekitar 1 meter. Ini akan membuat bibit anggrek bisa segera berbunga sekitar 1 bulan kemudian.

Bibit yang satu dengan yang lain diberi jarak tanam sejauh 10 cm. Tamanan dirapikan dengan menggunakan bambu dengan mengikat ujungnya pada ajir. Usahakan anggrek dalam posisi tegak.

Setelah selesai mengatur bibit berdiri dalam keadaan tegak, lubang untuk menanam tadi diisi pupuk kandang. Lalu tutup lubang dengan sabut kelapa yang disusun rapi menutupi semua akar yang terlihat. Selain sabut kelapa. Bisa juga menggunakan serutan kayu sebagai alternatif untuk menutupi akar yang tampak di permukaan tanah.

Lihat Juga : Cara Membuat Taman Depan Rumah Yang Indah

Demikian artikel yang dapat kalian baca dan pelajari mengenai Cara Menanam Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga dengan menggunakan beberapa media tanam yang bisa digunakan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda semua.

0 komentar

Posting Komentar